Rabu, 26 September 2012

Khasiat dan Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Kunyit Atau Kunir Untuk Kesehatan





Manfaat Dan Khasiat Kunyit Atau Kunir Untuk Kesehatan  - Halo sahabat selamat sore menjelang siang malam pada kesempatan ini saya akan berbagi sebuah artikel tentang Khasiat dan Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Kunyit Atau Kunir Untuk Kesehatan. Tahukah sahabat  apa sih manfaat kunyit atau kunir? Buat wanita kunyit bukanlah barang asing lagi karena kunyit atau kunir yang dalam bahasa latinnya adalah Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val ini selalu ada di dapur. Kunyit merupakan bahan rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat. Kunyit adalah salah satu tanaman banyak di jumpai di wilayah Asia Tenggara.

Selanjutnya Tanaman kunir/kunyit ini banyak tersebar di daerah Indonesia, Malaysia, Australia atau Afrika. Di Indonesia sendiri tanaman rempah ini tidak hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan tapi juga untuk bahan jamu serta menjaga kesehatan dan kecantikan.

Khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan

Apakah Anda sudah tahu kalau kunyit memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Kalau penggunaan kunyit untuk bahan masakan pastilah sudah banyak yang tahu. Manfaat Kunyit sering digunakan sebagai bumbu untuk jenis masakan gulai. Manfaat lain dari kunyit adalah untuk bahan pewarna alami seperti warna kuning untuk masakan. Perusahaan farmasi juga sering memanfaatkan kunyit untuk obat misalnya untuk peradangan sendi. Hasil dari produk bahan jadi yang berasal dari ekstrak kunyit bisa berupa suplemen makanan yang sudah dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus(. Dan pasar serta industrinyapun sudah berkembang.

Kunyit sangat berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, hal ini terutama pada beberapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar, penggunaan kunyit adalah hal yang sangat tepat dan sangat effektif, yaitu dengan cara meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut.

Cara sederhana adalah:
1. Ambil segenggam kunyit, lalu kupas
2. Parut atau juice dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya)
3. Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian)
4. Tambahkan garam sedikit (seujung sendok)
5. Saring/Peras
6. Tuangkan perasan jeruk nipis (1 - 3 biji, sesuai selera)
7. Tambahkan gula atau madu
8. Minum (lebih baik dalam keadaan hangat) Sebaiknya tidak minum selepas jam 5 sore.


Sedangkan kandungan zat yang ada dalam kunyit mengandung senyawa yang sangat berkhasiat sebagai obat, kandungan yang terdapat dalam kunyit sering disebut sebagai kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, kemudian desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%. Zat- zat bermanfaat lainnya yang ada pada kunyit seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Sekian dulu yang dapat saya sampaikan terimakasih telah membaca artikel tentang Khasiat dan Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Kunyit Atau Kunir Untuk Kesehatan semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman2 yang lainnya.... :)

Keyword :
Manfaat kunyit, khasiat kunyit, kegunaan kunyit, manfaat kunyit untuk mengobati penyakit, manfaat kunyit untuk kesehatan, kunyit untuk kesehatan badan,  zat yang ada dalm kunyit.
 Sumber dari kesehatan dan kencantikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar