Rabu, 10 Oktober 2012

Buah Bermanfaat Dan Berkhasiat

Begitu banyak khasiat yang ada dalam buah-buahan di sekitar kita, dan itu semua sangat berguna bagi manusia untuk mencegah dari berbagai penyakit yang berbahaya. Inilah 10 buah yang sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi manusia.

1. Buah Lemon



Lemon sangat kaya akan vitamin C. Kita semua sudah mengetahui akan hal itu. Tapi tahukah Anda apabila vitamin C sangat bagus untuk membangkitkan semangat dan detoksifikasi liver. Selain itu lemon mengandung serat, beta karoten, folic acid, kalsium, magnesium, dan potassium. Kandungan pectin yang ada dalam lemon sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Lemon juga mempunyai efek sedatif ringan dan bisa mengurangi demam, meningkatkan aktivitas empedu, dan meredakan gangguan pencernaan. Lemon juga bisa bisa meredakan sakit kerongkongan. Ada resep yang dapat Anda gunakan bila Anda mengalami sakit kerongkongan yaitu peras airnya, campur dengan air hangat dan madu. Lalu minum. Semoga sakit tenggorokan Anda membaik dengan resep ini. Selain untuk mengatasi tenggorokan ternyata air jeruk lemon juga bisa digunakan untuk mengatasi gigitan serangga dan jerawat. Dan untuk orang-orang yang mengalami depresi ringan cobalah aroma lemon dalam minyak esensial dengan membakarnya di oil burner.

2. Buah Avokad

Avokad mengandung vitamin A,B,C, zat besi, magnesium, potasium, seng, kalsium, folic acid, dan serat. Juga kaya akan asam lemak esensial dan vitamin E sehingga sangat bermanfaat untuk merawat kulit. Avokad juga bisa digunakan untuk mengobati eksim dan penyakit-penyakit kulit lainnya. Diduga, avokad juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering dan rapuh. Caranya dengan menghancurkan 1 buah advokad, lalu oleskan ke rambut Anda. Tutup dengan shower cap selama 1 jam. Lalu bersihkan dengan shampo seperti biasa.
Advokad juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik, yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Bagi yang bermasalah dengan berat badan, dianjurkan mengkonsumsi advokad dalam porsi kecil.

3. Buah Apel

Apel dikenal sangat kaya akan serat. Buah apel mengandung flavonoid, sejenis zat kimia alami yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegah pertumbuhan kanker-kanker tertentu. Apel merupakan sumber energi, bebas lemak dan bebas sodium. Selain itu juga menrupakan sumber potasium yang penting yang mengatur keseimbangan cairan tubuh dan tekanan darah. Apel juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala. Bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau makan secara utuh lengkap dengan kulit-kulitnya.

4. Buah Strawberry

Sebuah penelitian di Amerika menemukan strawberry sangat kaya antioksidan atau 2 kali lebih banyak dibanding jeruk atau anggur merah. Strawberry bukan hanya meningkatkan sistem imun, tapi juga bisa menurunkan risiko kanker karena mengandung senyawa ellagic acid. Selain itu strawberry juga mengandung vitamin C yang baik, mengandung folic acid dan potassium.

5. Buah Flag Atau Buah Ara

Buah yang masih satu keluarga dengan mulberry ini kaya serat dan kalsium sehingga ideal untuk memerangi sembelit dan osteoporosis. Bagi yang mengurangi intake gula, bisa mengkonsumsi fig atau buah ara yang dikeringkan karena kaya dengan gula alami.

6. Buah Pisang

Pisang merupakan sumber yang kaya potassium, sangat menenangkan urat saraf dan merupakan satu-satunya buah yang mengandung 6 kelompok vitamin A,B1,B2,B6,B12,dan C. Kandungan serat dietnya juga tinggi. Kadar karbohidrat dalam pisang, rata-rata 2 sampai 3 kali dibanding buah lainnya. Pisang yang rendah lemak cocok dijadikan camilan energi yang ideal.

7. Buah Jeruk

Jadikan buah jeruk sebagai bagian utama rencana Anda dalam memerangi flu dan pilek. Khasiat buah yang kaya vitamin C ini benar-benar mengesankan. Dari memerangi infeksi sampai menurunkan tekanan darah tinggi. Diet yang kaya vitamin C bisa membantu meningkatkan elastisitas kolagen dan menguatkan jaringan-jaringan kulit. Sehingga kulit tampak kenyal dan kencang.
Jeruk juga mengandung flavonoid yang bertanggungjawab dalam membuat buah jeruk berwarna cerah. Flavonoid meningkatkan elastisitas vitamin C dan menguatkan dinding pembuluh darah. Hasil penelitian menunjukkan orang-orang yang memasukkan buah sitrus dalam diet mereka bisa menurunkan risiko penyakit kanker.

8. Buah Kiwi

Buah kiwi kaya akan antioksidan, didalamnya banyak mengandung vitamin C yang digunakan untuk melindungi tubuh terhadap kanker, infeksi, penuaan dini, penyakit jantung, flu dan pilek. Buah kiwi juga kaya serat yang berguna untuk mengatasi sembelit. Selain itu kandungan potassium didalamnya membantu mengatur tekanan darah.

9. Buah Blueberry

Blueberry bisa mengatasi berbagai macam penyakit mulai dari rematik hingga cystitis yaitu radang kandung kemih. Blueberry sebagai pembasmi bakteri ini digunakan juga untuk mengobati infeksi saluran kencing, masalah-masalah lambung, kondisi mata seperti glaukoma dan katarak, serta varises. Juga bisa menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan menguatkan dinding-dinding pembulug darah.

10. Buah Aprikot

Aprikot kaya dengan antioksidan. Beta karoten yang terkandung didalamnya diduga dapat memerangi kanker. Aprikot juga mengandung potassium, serat, vitamin C, folic acid, zat besi, magnesium dan kalsium.
Aprikot yang dikeringkan merupakan sumber zat besi yang baik, bahkan sangat baik untuk para vegetarian atau penderita anemia. Aprikot juga mengandung boron, yang bisa membantu para perempuan yang memasuki menopause untuk mempertahankan estrogen. Selain itu aprikot dapat membantu mengurangi risiko penyakit tulang rapuh osteoporosis.

Dibudi dayakan Oleh Agen Ace Max's Surabaya.
Sumber : Tabloid Aura

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar