Jumat, 05 Oktober 2012

Jagung Ungu Adalah Harapan Baru Penderita Diabetes



Kalau biasanya jagung manis putih dan kuning maka sudah saatnya berkenalan dengan jagung ungu.

Kalau dilihat dari penampakannya mungkin anda mengira ini jagung yang sudah dibakar tetapi sebenarnya tidak. Warna biji jagung ini memang ungu dalam keadaan mentah. Konon rasanyapun tidak jauh berbeda dari jagung yang biasa kita konsumsi.


Seperti dilansir oleh IndiaTimes jagung ini merupakan pengembangan makanan masa depan yang dibuat sedemikian rupa sehingga lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat jagung ungu adalah untuk menyembuhkan diabetes tipe 2 dan penyakit ginjal. Diabetes tipe 2 adalah diabetes yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat. Mengkonsumsi jagung ungu secara teratur diklaim dapat menyembangkan gula darah.

Jagung ungu saat ini hanya dikembangkan di daerah Cili dan Peru. Karena potensinya yang tinggi kemungkinan besar akan dikembangkan di daerah lain. Warna ungu pada jagung ini disebabkan karena adanya antosianin (sejenis flavonoid) yang merupakan salah satu zat anti diabetes.

Jagung ungu juga diteliti oleh para peneliti dari departemen pangan dan nutrisi serta biokimia universitas Hallym Korea. Kandungan Antosianin aktif dalam jagung tersebut belum diketahui secara pasti bagaimana mekanisme kerjanya untuk mengatasi diabetes. Namun apabila zat ini benar-benar dapat digunakan untuk penyakit diabetes maka para ilmuwan akan membantu mengembangkan jagung ungu.

Penelitian tentang ini dipublikasikan pada the American Journal of Physiology - Renal Physiology. Jika benar terbukti jagung ini bermanfaat maka ini merupakan harapan baru bagi penderita diabetes tipe 2 dan penderita penyakit ginjal.

Sumber : Tips Kesehatan 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar